Beranda Daerah 33 Orang Jadi Tersangka, Tak Ada Emas yang Disita Sebagai Barang Bukti

33 Orang Jadi Tersangka, Tak Ada Emas yang Disita Sebagai Barang Bukti

41
0

Ringpapua.net — Polres Manokwari akhirnya memperjelas status hukum 46 orang penambang emas Wasirawi. Dari jumlah itu, 33 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka, sementara 13 orang lainnya dipulangkan dan dijadikan saksi.

Kapolresta Manokwari, AKBP Parasian Herman Gultom menyebut, 33 orang tersangka penambangan emas illegal memiliki peran yang berbeda beda.

“Ada yang operator, ada juga karyawan dompeng dan lainnya ada yang pengawas dan juga karyawan kas. Mereka itu dari beberapa pemodal yang rata rata dari luar Manokwari,” ujar Kapolres dalam presconferance, Senin (28/11) siang tadi.

Selain tersangka, penyidik dari hasil penyisiran kala itu juga mengamankan sejumlah peralatan penambangan yang ditetapkan sebagai barang bukti. Barang bukti itu diantaranya, eksavator, alkon, BBM, dompeng beserta karpetnya, kemudian peralatan pendukung lainnya.

Meski begitu, Kapolres mengaku tak ada barang bukti emas dari hasil penyisiran dan penangkapan itu.

“Kalau emas tidak ada yang diamankan. Memang saat kita amankan, tidak ada barang bukti emas. Untuk eksavator masih di TKP, kalau barang bukti yang ringan telah kita amankan ,” beber Kapolres.

Usai menjebloskan 33 orang sebagai tersangka, penyidik kata Kapolres kini tengah mengembangkan para pemodal yang sudah diketahui identitasnya.

“Pengembangannya bermacam macam, termasuk penampung emasnya juga kita kembangkan, karena masuk dalam satu pasal,” tandasnya.

(DTM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here