Beranda Daerah Disorot DLHP, UPBU Rendani Siap Panggil Pelaksana Penimbunan Landasan Pacu

Disorot DLHP, UPBU Rendani Siap Panggil Pelaksana Penimbunan Landasan Pacu

33
0

Ringpapua.net — Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat menyoroti pembangunan landasan pacu bandar udara Rendani Manokwari yang dinilai tidak memperhatikan ketentuan dan perizinan lingkungan yang berlaku.

Kepala Bidang Penataan dan Penegakan Hukum Lingkungan pada DLHP Papua Barat, Leonard Haumahu S.Hut,M.Si menyebut,  langkah itu diambil setelah pihaknya menerima pengaduan masyarakat atas dugaan polusi dan keselamatan berkendara di sekitar kawasan pelaksanaan proyek akibat altifitas galian C.

Kata dia, berdasarkan pengaduan itu, tim mendapati bahwa sejumlah penyedia jasa galian C yang melaksanakan penimbunan itu belum memiliki persetujuan dan dokumen lingkungan sebagai syarat perizinan berusaha.

“Sampai saat ini, hanya satu penyedia
jasa saja yang memiliki persetujuan lingkungan untuk mendukung aktivitas penimbunan bandara Rendani, yaitu CV GBU,” ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya kata Leonard, telah menggelar rapat bersama para pihak untuk mengintegrasikan bentuk persetujuan lingkungan ke dalam perizinan berusaha yaitu penerbitan surat izin penambangan batuan.

Dari rapat itu, para pihak kata dia, telah bersepakat bahwa semua penerbitan izin penambangan batuan harus disertai dengan persetujuan lingkungan yang dilengkapi dengan dokumen lingkungan.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen pada Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Rendani Manokwari, Christian Devi mengaku akan memanggil dan meminta pelaksana dan penyedia galian C untuk mengevaluasi perizinan yang belum terpenuhi.

“Akan kami komunikasikan untuk dievaliasi perizinan yang belum terpenuhi agar singkron dengan instansi teknis,” terangnya.

(DTM/AKP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here