Beranda Hukrim Tim Tabur Bekuk Buronan Korupsi Distamben Raja Ampat

Tim Tabur Bekuk Buronan Korupsi Distamben Raja Ampat

29
0

Ringpqpua.com – Tersangka korupsi proyek perluasan jaringan listrik tegangan rendah dan menengah pada Dinas Pertambangan dan Energi Raja Ampat tahun 2010 tertangkap.

BT, pria yang masuk DPO sejak 2018, ditangkap tim Tangkap Buron (Tabur) gabungan Kejagung RI, Kejati Papua Barat dan Kejari Sorong, di Jalan Penduren Jakarta Selatan, Selasa (23/11/2021).

Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Rudy Hartono menjelaskan penangkapan itu berdasarkan surat perintah penyelidikan Kejari Sorong, Nomor: Print-1761/R.2.11/Fd.1/10/2021 tanggal 9 November 2018.

“Tanggal 23 November, tim gabungan bergerak, melakukan tracking dan menangkap yang bersangkutan di Jakarta Selatan,” terangnya saat konferensi pers, Jumat (26/11/2021) di Kejati Papua Barat.

Sehari sesudah ditangkap, BT pun resmi ditetapkan sebagai tersangka. Dua hari kemudian, ia digiring menuju Kejaksaan Tinggi Papua Barat, di Manokwari.

Kasus ini diduga merugikan negara sebesar Rp. 1.360.811.580, displit dengan tiga nama berbeda, salah satu diantaranya telah mendapat putusan Inkrah (tetap) 4 tahun penjara di Pengadilan Negeri Soring.

“BT merupakan direktur PT. Fourking Mandiri, dia tersangka ke dua, masih ada satu tersangka lain yang dicari,” paparnya.

Penjemputan paksa ini dilakukan karena BT tidak koperatif dan mangkir dalam tiga kali panggilan sebagai saksi. Bahkan, pengumuman melalui media massa pun tak dihiraukan.

Ia ditahan selama 20 hari ke depan dan akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sorong untuk proses selanjutnya.

“Akan ditangani lanjut oleh Kejari Sorong sesuai awal mula kasus ini,” singkat Rudy.

(RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here