Beranda Uncategorized BPBD Manokwari Siaga, Antisipasi Cuaca Buruk

BPBD Manokwari Siaga, Antisipasi Cuaca Buruk

22
0

Ringpapua.com – BMKG Manokwari mengeluarkan peringatan dini cuaca per Sabtu (11/12/2021), dengan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang pukul 18.00 WIT.

Wilayah yang diperkirakan terkena dampak diantaranya Distrik Manowkari Timur, Manokwari Barat, Manokwari Selatan, Manokwari Utara, Sidey, Masni, Warmare, Tanah Rubuh dan Prafi. Ini berlangsung hingga pukul 19.30 WIT.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Manokwari, diminta sigap menghadapi dampak cuaca buruk serta badai La Nina.

Bupati Manokwari, Hermus Indou, SIP, MM memerintahkan jajaran BPBD tanggap dan menyiapkan langkah antisipasi menghadapi ancaman bencana yang bisa datang kapan saja.

“Pemkab Manokwari, melalui BPBD telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi akan potensi bencana,” terang bupati, Jumat (10/12/2021) di Manokwari.

Menurut dia, selain sosialisasi yang dilakukan secara masif, penetapan jalur evakuasi juga dilakukan agar masyarakat tak panik saat bencana datang.

Masyarakat Manokwari diimbau meningkatkan kewaspadaan seiring perubahan cuaca dari waktu ke waktu. Yang paling penting, apa yang dilakukan dan harus ke mana saat bencana terjadi.

“Menyelamatkan diri sendiri dan pastikan bebas dari ancaman bencana, baru kemudian bertindak untuk selamatkan sesama. Itu yang paling penting,” jelasnya.

Meski prediksi cuaca buruk akibat dampak badai La Nina, namun ia percaya semua terjadi atas kuasa yang Maha Kuasa.

“Kita berdoa, minta petunjuk dari Tuhan agar Manokwari dijauhkan dari bencana,” singkatnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Manokwari dan beberapa daerah lain di Papua Barat, masuk daftar daerah rawan bencana semisal longsor, gempa bumi dan banjir. Buktinya, dua rumah warga di Manokwari tertimbun longsor belum lama ini.

(KBP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here