Beranda Hukrim Dana Hibah KAWAL Papua Barat Naik Sidik, SPDP Tercantum Inisial YAY

Dana Hibah KAWAL Papua Barat Naik Sidik, SPDP Tercantum Inisial YAY

30
0

Ringpapua.com — Direktorat Kriminal Khusus Polda Papua Barat meningkatkan penanganan perkara dugaan korupsi dana hibah Komunitas Anak Wondama Abdi Lingkungan (KAWAL) Papua Barat, tahun anggaran 2018 h 2019 dari lidik ke sidik.

Direktur Kriminal Khusus Polda Papua Barat, Kombes Polisi Romilus Tamtelahitu mengatakan, sudah banyak saksi yang dimintai keterangan oleh penyidik sebab perkara itu sudah naik sidik.

“Saksi sudah banyak yang diperiksa, kan sudah naik sidik,” ungkapnya di penghujung tahun 2021.

Namun dia tidak merinci anggaran tahun berapa dan berapa besar anggaran hibah KAWAL Papua Barat yang mereka lidik.

“Saya lupa, nanti saya cek lagi. Tapi itu sudah yang nanti kemungkinan besar di awal tahun ini kita dahulukan,” ungkapnya.

Ditanya soal tersangka, Direktur Kriminal Khusus menyebut tunggu tanggal mainnya.

Terpisah, Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Billy Wuisan yang dikonfirmasi ringpapua.com, Rabu (5/1) mengaku pihaknya sudah menerima SPDP terkait perkara itu sekira 3 bulan lalu di tahun 2021.

“Dalam SPDP terlapor atas nama YAY Ketua Umum KAWAL Papua Barat yang juga anggota DPR,” bebernya.

Sementara itu, sumber data yang diterima media ini menyebutkan bahwa total dana hibah yang dikucurkan kepada KAWAL Papua Barat pada tahun anggaran 2018-2019 sebesar Rp. 6.100.000.000,00.

Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan khusus inspektorat Papua Barat nomor :X.700.04/093/LHP/RIKSUS/IT-PROV.PB/2021 tanggal 26 Agustus 2021, terdapat dana hibah APBD Papua Barat kepada KAWAL belum dipertanggungjawabkan. Dan tidak diyakini kebenarannya sebesar 6,1 miliar rupiah dan juga pemberian dana hibah kepada KAWAL diduga tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(DTM/AKP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here