Beranda Uncategorized DPR Papua Barat Segera Cek Dua Lokasi Tambang Ilegal

DPR Papua Barat Segera Cek Dua Lokasi Tambang Ilegal

34
0

Ringpapua.com – DPR Papua Barat menyikapi perkembangan informasi tambang ilegal yang belakangan marak di kalangan publik.

Enggan dicap hanya diam, DPR segera turun ke dua lokasi tambang, Wasirawi di kabupaten Manokwari dan di kabupaten Pegunungan Arfak.

Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor, mengatakan pemerintah daerah tak boleh berdiam diri karena dampaknya ke lingkungan dan berpotensi bencana.

“Turun dan cek, tambang seperti apa. Pemerintah daerah harus memastikan, apakah lokasi itu masuk wilayah konservasi atau tidak. Jangan dibiarkan,” terangnya, Selasa (18/1/).

Ia mencontohkan tiga lokasi tambang emas ilegal di Pegaf, salah satunya di jembatan gantung antara Distrik Hingk dan Minyambouw. Letak geografis Pegaf yang dipenuhi pegunungan, juga dikhawatirkan berpotensi bencana.

“Sama dengan Manokwari, di Pegaf juga terlihat aktivitas alat berat. Kita tak bisa diam, harus bergerak jika tidak alam akan rusak dan bencana datang,” ujar Wonggor.

Komunikasi internal DPR termasuk fraksi Otsus demi kepentingan OAP sebagai pemilik ulayat, lanjut dia dilakukan secepatnya sebelum turun ke lokasi tambang. Apalagi belum lama ini MRPB telah turun ke lokasi tambang Wasirawi Manokwari.

Disisi lain, DPR ingin agar instansi teknis memastikan kadar kandungan emas di dua lokasi tambang itu. Selain untuk masyarakat adat, pemerintah daerah juga bisa mendapat pemasukan.

“Kalau dugaan keterlibatan oknum aparat yang bermain, belum bisa dipastikan. Yang jelas, bagaimana menata baik potensi tambang, bagaimana izin, pengelolaan hingga masyarakat adat mendapat haknya sebagaimana mestinya,” singkatnya.

(KBP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here