Beranda Ekbis Maluku-Papua Sudah Ada SPBE, Harga Elpiji Bakal Turun

Maluku-Papua Sudah Ada SPBE, Harga Elpiji Bakal Turun

42
0

Ringpapua.net — Perbandingan Harga Eceran Tertinggi (HET) tabung LPG 15 kg di wilayah Maluku, Papua dan Papua Barat masih terjadi. Di Papua Barat misalnya, harga tabung Elpiji yang dijual agen/pengecer masih dikisaran v 275 – 285 ribu per tabung 15 kg.

Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial &Trading Regional Papua Maluku, Edi Mangun menyebut, perbedaan harga itu karena di setiap daerah belum ada SPBE.

Kata dia, keberadaan Stasiun Pengisian Bahan bakar Elpiji (SPBE) akan memperpendek rantai pasar dan tentu akan berdampak pada HET. Hal itu yang kemudian akan terjadi di Provinsi Maluku dan Papua.

“Di Maluku dan Jayapura sekarang sudah ada SPBE yang sementara ini dalam persiapan oprasional. Kalau sudah melakukan pelayanan, maka rantai pasar akan pendek, jadi harga bisa lebih rendah,” tuturnya.

Nantinya, tabung Elpiji tidak lagi dikirim dengan jarak yang jauh untuk melakukan pengisian. Tabung bisa diisi di SPBE dideerah tersebut.

“Selama ini perbedaan harga itu karena besarnya biaya transportasi. Keberadaan SPBE tentu akan memperpendek rentan ini. Bahkan stok Elpiji disuatu daerah bisa dipastikan lebih aman,” tandasnya.

(DTM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here