Beranda Daerah Pemilik Ulayat Tambang Emas di Masni Tagih Janji Pembentukan Tim Pengurusan IPR

Pemilik Ulayat Tambang Emas di Masni Tagih Janji Pembentukan Tim Pengurusan IPR

386
0

Ringpapua.net — Pemilik hak ulayat tambang emas di dataran Masni mempertanyakan langkah Pemkab Manokwari terkait rencana pembentukan tim koordinasi pengurusan Ijin Pertambangan Rakyat (IPR).

Ketua LMA Distrik Masni, Soleman Manseni mengatakan, tim koordinasi pengurusan IPR disepakati akan dibentuk oleh Pemkab Manokwari usai rapat bersama pemilik hak ulayat dan Bupati Manokwari pada 25 Juni 2022.

“Sudah mau masuk satu bulan sejak tanggal kesepakatan bersama. Tapi sampai hari ini tidak ada informasi lebih lanjut oleh Pemkab Manokwari,” ujar Manseni kepada wartawan, Senin (18/7).

Kata dia, masyarakat terlebih khusus pemilik hak ulayat menjadikan pertambangan itu sebagai mata pencaharian yang menopang kehidupan mereka. Untuk itu, IPR menjadi tuntutan yang harus segera dijawab.

“Kami minta segera dibentuk tim itu dan bekerja membantu pengurusan IPR. Kami menggunakan banyak hal dari hasil tambang untuk kebutuhan hidup,” terangnya.

Soleman dan juga pemilik hak ulayat wilayah tambang meminta agar pemeritnah daerah Manokwari tidak lagi menunda apa yang menjadi tuntutan mereka.

“Kalau lewat media ini tidak dijawab. Saya akan buat surat secara tetulis kepada pemerintah daerah,” katanya.

Selanjutnya, jika IPR terbentuk, dia kembali menegaskan kepada pemerintah agar tidak membawa siapapun untuk masuk bekerja di lokasi penambangan di dataran Masni.

“Kami sudah punya pemodal yang bisa bekerja. Jadi tidak boleh ada investor baru yang masuk bekerja,” tandasnya.

(DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here