Beranda Hukrim Minta Tim Sabur Pungli Lakukan Penindakan, Praktisi : Sosialisasi Sudah Cukup

Minta Tim Sabur Pungli Lakukan Penindakan, Praktisi : Sosialisasi Sudah Cukup

58
0

Ringpapua.net — Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Manokwari melakukan sosialisasi kepada sejumlah OPD di Kabupaten ini, Rabu (27/ 7) kemarin.

Praktisi Hukum di Manokwari, Rustam SH, menilai bahwa langkah sosialisasi adalah hal yang mengulang di lakukan Tim Saber Pungli yang dibentuk sejak 2016/2017 lalu itu.

“Kami menunggu bukti nyata Tim Saber Pungli Kabupaten Manokwari yang seharusnya melakukan tindakan tegas kepada para pelaku pungutan liar, bukan lagi sosialisasi,” ungkap Rustam kepada media ini, Kamis (28/7).

Kata Rustam, sejak dibentuk dari Pusat hingga daerah, Tim Saber Pungli yang beranggotakan Inspektorat, Kejaksaan dan Kepolisian di Manokwari langsung gencar melaksanakan sosialisasi.

“Kami ingat betul 2017,2018 di Manokwari gencar dilakukan sosialisasi. Makanya saat ini waktunya penindakan, bukan sosialisasi lagi,” terangnya.

Beberapa tahun lalu sudah dilakukan penindakan terhadap para pelaku pungutan liar dilingkup Pemkab Manokwari. Terakhir, pungutan liar penggunaan ruang jenazah RSUD Manokwari, namun itu penanganan dari hasil penyidik Polisi, bukan tim saber Pungli.

Selain itu, lanjut Rustam, masih ingat dibenak publik bahwa ada kasus pungutan liar terkait jual beli reagen yang digunakan untuk pemeriksaan Swab di RSUD Manokwari tahun 2021 lalu.

“Kasus ini ditangani Polda Papua Barat, tapi kemudian dihentikan dengan pengembalian kerugian negara. Yang jadi pertanyaan, di mana Tim Saber Pungli ?,” tanyanya.

Menurutnya, temuan Pungli harusnya ditangani bersama dan sampai ke meja hijau. Karena sosialisasi sudah dilakukan ditahun tahun sebelumnya, apalagi jika yang melakukan tindakan adalah pejabat yang jelas tahu mana yang tidak boleh dilakukan.

ASN lanjut Rustam adalah orang orang berpendidikan tinggi yang tahu, mana yang tidak boleh mereka lakukan. Apalagi tahun tahun sebelumnya, secara masif sosialisasi gencar dilakukan hingga ke tingkat Distrik.

“Ini bukan dana desa yang memang secara pengetahuan masih banyak yang terbatas. Sosialisasi juga boleh saja, tapi diimbangin dengan penindakan. Jangan tidak ada penindakan lalu, sosialisasi terus,” tegasnya.

Terpisah, Inspektur Kabupaten Manokwari, Khumaidi yang dikonfirmasi media ini, tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut, lantaran menurutnya yang lebih berkompeten adalah Polres Manokwari, sebagai ketua tim pelaksana Saber Pungli.

(DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here