Beranda Hukrim Praktisi Dukung Upaya Kejati Ungkap Penyelewengan Dana Hibah Ormas, LSM Hingga Yayasan

Praktisi Dukung Upaya Kejati Ungkap Penyelewengan Dana Hibah Ormas, LSM Hingga Yayasan

69
0

Ringpapua.net — Praktisi Hukum di Manokwari, Rustam SH, mengapresiasi langkah Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat yang telah terbuka mengungkap ke publik dugaan penyelewengan dana hibah yang disalurkan kepada organisasi masyarakat, pemuda, LSM hingga yayasan di daerah ini.

Kepada Ringpapua.net, Rustam menilai Kejati Papua Barat telah menunjukan eksistensinya sebagai Aparat Penegak Hukum (APH) korps Adhyaksa dalam upaya memberantas korupsi di provinsi ini.

“Ini adalah bentuk transpransi korps Adhyaksa yang perlu diapresiasi. Sehingga, ada energi tambahan untuk jaksa penyelidik dalam mengungkap sebuah perkara,” ungkapnya, Senin (8/8) pagi tadi.

Tapi lanjut Rustam, Kejaksaan juga harus ingat bahwa apa yang sudah diungkap ke publik itu harus dipertanggungjawabkan dengan mempublikasi langkah demi langkah atas perkara yang mereka tangani.

Dari rilis yang disampaikan Kejaksaan kepada media daerah ini, terdapat sejumlah dugaan penyelewengan anggaran yang berkaitan dengan dana hibah.

“Ada dugaan penyelewengan dana hibah kongres pemuda Katolik, lalu dana hibah pelaksanaan MTQ-8, kemudian penyaluran dana hibah dan bansos pada BPKAD Maybrat 2019 dan dugaan lainnya,” bebernya.

Menurutnya, dugaan penyelewengan yang terjadi itu bukan pada organisasi, melainkan oknum yang memiliki kewenangan pada organisasi tersebut.

“Publik harus dukung langkah kejaksaan dalam upaya pemberantasan korupsi, agar mereka bekerja dalam dukungan juga tuntutan transparansi kepada publik,” tambahnya.

(DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here