Beranda Hukrim Razia Ditingkatkan, Dir Lantas : Tolong Sadar, Kami Tak Bangga Sekedar Menindak

Razia Ditingkatkan, Dir Lantas : Tolong Sadar, Kami Tak Bangga Sekedar Menindak

50
0

Ringpapua.net — Polda Papua Barat melalui jajaran Direktorat Lalulintas terus melakukan upaya pendisiplinan terhadap masyarakat dalam berlalulintas. Upaya itu dilakukan dalam bentuk sosialisasi, edukasi dan juga penindakan hukum.

Dirlantas Polda Papua Barat, Kombes Polisi Raydian Kokrosono mengaku, tidak bangga jika hanya sekedar melakukan penindakan terhadap pengendara.

“Kami ingin kesadaran masyarakat itu terbangun. Bukan sekedar disiplin saat razia atau bahkan menghindari razia. Kita ingin mereka sadar bahwa kedisiplinan itu demi keselamatan pengendara itu sendiri,” ujar Dirlantas, dalam konfrensi pers bersama sejumlah wartawan, Selasa (9/8).

Menurutnya, kesadaran masyarakat belum terbangun dengan baik. Itu dia nilai dari hasil upaya pendisiplinan yang dilaksanakan dua bulan terakhir. Selain turun jalan, ribuan pelanggaran juga terekam oleh sistem ETLE yang dilengkapi dengan kamera pintar.

“Dua bulan ini, kita tingkatkan intensitas penindakan dan sosialisasi di seluruh polres jajaran. Sejumlah pelanggaran tercatat mencapai ribuan dengan jenis yang bervariasi,” terangnya.

Klik Baca, Data Pelanggara Lalulintas Juli-Agustus 2022

Data Penindakan Pelanggaran Lalulintas Jajaran Polda Papua Barat Juni-Juli-Agustus 2022

Jumlah itu kata Raydian, menunjukan kesadaran masyarakat masih minim. Peran orang tua juga dinilai masih rendah, sebab hasil penindakan dilapangan menunjukan adanya pengendara yang merupakan anak dibawah umur.

“Dari hasil penindakan, ada anak dibawah umur yang juga kita tilang dan beri teguran. Disini bisa kita lihat peran pengawasan orang tua,” ungkapnya.

Dia lalu mengingatkan bahwa tujuan penegakan hukum itu adalah meningkatkan kedisiplinan, menurunkan angka kecelakaan lalulintas dan juga mensejahterakan masyarakat. Itu sebabnya, sosialisasi oleh jajaran juga ditingkatkan.

“Kalau banyak kecelakaan, bagaimana masyarakat kita mau sejahtera. Kita tidak akan bosan melakukan upaya upaya pendisiplinan itu, karena semua akan kembali lagi kepada kepentingan pengendara itu sendiri,” tambahnya.

(DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here