Beranda Daerah Ada Indonesia di Pulau Fani, 77 Bendera Akan Jadi Bukti Hadirnya Negara

Ada Indonesia di Pulau Fani, 77 Bendera Akan Jadi Bukti Hadirnya Negara

149
0

Ringpapua.net — 77 Bendera Merah Putih akan ditancap di pulau Fani, yang merupakan pulau terluar Negara Kesatuan Republil Indonesia (NKRI). Pulau itu berada di Distrik Kepulauan Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

“Kami akan menancap 77 bendera Merah Putih di sana. Itu bukti bahwa pemerintah turut hadir, di mana Negara hadir di pulau terluar milik Indonesia,” kata Pj Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si di Manokwari, Jumat (12/8).

Purnawirawan jenderal bintang tiga itu memimpin rombongan dari Provinsi Papua Barat ke Pulau Fani melalui jalur laut Kota Sorong-Pulau Fani dengan jarak sekira 250 kilo meter atau 300 mil laut.

“Di sana sudah ada pos TNI Angkatan Laut. Negara hadir disana, agar tidak dicaplok negara lain. Presiden juga sudah mengingatkan itu,” ungkapnya sebelum bertolak ke Sorong.

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo mengingatkan pentingnya menjaga batas negara agar tak mudah dicaplok oleh negara lain. Presiden mengartikan daerah terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain sebagai serambi teedepan milik Negara Indonesia.

Pulau Fani di Distrik Kepulauan Ayau Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, jadi salah satu yang dimaksud karena berbatasan langsung dengan Negara Republik Palau.

(DTM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here