Beranda Daerah Selangkah Menuju Penetapan Tersangka Dugaan Korupsi Hibah Pemuda Katolik dan Dermaga Yarmatum

Selangkah Menuju Penetapan Tersangka Dugaan Korupsi Hibah Pemuda Katolik dan Dermaga Yarmatum

314
0

Ringpapua.net — Jaksa Penyelidik pada Kejaksaan Tinggi Papua Barat siap menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana hibah untuk kongres pemuda katholik.

Tak hanya itu, hal yang sama juga berlaku terhadap penanganan dugaan korupsi pengadaan tiang pancang dermaga Yarmatum,di Distrik Sough Jaya, Kabupaten Teluk Wondama, oleh Dinas Perhubungan Papua Barat.

Kasidik Pada Bidang Pidsus Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Djino Talakua, menyebut, pihakny menunggu hasil Perhitungan Kerugian Negara (PKN) yang diajukan penyidik kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Papua Barat sebagai dasar penetapan tersangka.

Kata dia, jaksa penyelidik tidak ingin tergesa gesa hingga terjadinya hal hal yang dapat membuat cacatnya proses hukum yang telah mereka laksanakan.

“PKN menjadi dasar penetepan tersangka. Kalau sudah kami terima, langsung kita tetapkan tersangka,” terangnya, Kamis (25/8).

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Juniman Hutagaol SH. MH, mengaku banyak perkara yang diungkap jajarannya, masih terhambat karena belum ada hasil perhitungan kerugian negara.

“Kalau dugaan kerugian kan sudah jelas ada dan karena ada dugaan itulah makanya kita tangani kasus. Tapi, berapa kerugian itu kan yang berhak hitung adalah ahli, makanya kita menunggu hasil PKN dari BPK,” terangnya.

Kata Kajati, pihaknya tidak boleh menetapkan seseorang sebagai tersangka tanpa adanya PKN. Itu sebabnya, jika dinilai lambat, sebenarnya karena belum ada PKN.

Padahal lanjut Kajati, dalam surat dakwaan, jaksa tidak harus memuat jumlah kerugian yang pasti, karena baru tersangka dan asas praduga tidak bersalah selalu dikedepankan. Hanya saja, karena ada putusan MK, yang dijadikan yudisprodensi, makanya Kejaksaan selalu menunggu PKN itu.

(DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here