Beranda Daerah Anggaran Jadi Alasan Polres Pegaf Belum Tindak Penambangan Emas Illegal

Anggaran Jadi Alasan Polres Pegaf Belum Tindak Penambangan Emas Illegal

93
0

Ringpapua.net — Penambangan emas secara illegal masih terjadi disejumlah titik di Distrik Minyambau, Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf). Upaya hukum diduga belum dilakukan terhadap aktifitas melanggar hukum itu.

Sumber media ini menyebut, aktifitas penambangan menggunakan alat berat jenis eksavator masih terus berlangsung di wilayah hukum Polres Pegaf itu. Bahkan tidak sedikit alat berat yang masih beraktifitas.

Soal ini, Kapolres Pegaf, Kompol Isaac Hosio sabtu malam lalu, mengaku masih melakukan inventarisir terhadap aktifitas tersebut.

Potret Tim SAR saat mengevakuasi pekerja tambang di Minyambou yang dilaporkan sakit. Jadi bukti aktifitas penambanvan emas illegal masih berlangsung. (Foto: Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari)

“Anggota kami sedang menginventarisir kegiatan tersebut di Distrik Minyambou,” ujar Kapolres via ponsel.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan imbauan agar tidak ada kegiatan penambangan yang dimaksud. Sayangnya, belum ada upaya hukum yang dilakukan jajarannya sehingga ini menjadi dugaan mengapa aktifitas itu masih berlangsung.

“Kalau upaya penegakan hukum belum dilakukan karena Polres Pegaf belum di dukung dengan DIPA, sehingga kami belum bisa lakukan tindakan tersebut,” terangnya.

Pihaknya juga kata Kapolres tengah, mendalami jalur masuknya kelompok penambang melalui koperasi yang juga mengakomodir para pekerja.

Tampak aktifitas penambangan emas illegal di Wasirawi, diduga masih berlangsung sampai saat ini. Foto : (DTM/RP)

“Penanganan ini harus bersama sama, Pemda setempat untuk menghindari perselisihan¬† terutama dengan masyarakat pemilik hak ulayat,” katanya.

Tak hanya Minyambou, aktifitas yang sama juga masih berlangsung di Wasirawi, Distrik Masni kabupaten Manokwari dan titik lainnya di Kabupaten Tambrauw. Aktifitas penambangan masih terus berlangsung meski medio April 2022, Polda Papua Barat menangkap dua kelompok penambang disertai sejumlah penambang individual yang beraktifitas secara tradisional.

Diketahui, penambangan emas secara illegal di Manokwari, Pegaf dan Tambrauw menjadi atensi PJ Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw. Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia juga telah memberikan ketegasan kepada pemerintah agar melarang segala bentuk aktifitas penambangan emas secara illegal di Provinsi Konservasi ini.

(AK/DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here