Beranda Hukrim Kejati Pabar Periksa Dua Saksi Terkait Dugaan Korupsi Hibah Pemuda Katolik

Kejati Pabar Periksa Dua Saksi Terkait Dugaan Korupsi Hibah Pemuda Katolik

66
0

Ringpapua.net — Kejaksaan Tinggi Papua Barat melalui bidang Pidana Khusus (Pidsus) kembali memeriksa dua saksi terkait dugaan korupsi dana hibah kongres pemuda katolik.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Billy Wuisan menyebut, dua saksi itu diperiksa pada Kamis pekan kemarin.

“Keduanya adalah Jhon dan Aloysius. Mereka dipanggil untuk dimintai keterangan dengan kapasitas masih sebagai saksi,” ujar Kasipenkum, Sabtu (10/9) kemarin.

Keduanya kata Kasipenkum memenuhi panggilan jaksa penyelidik dalam pemeriksaan itu. “Mereka diperiksa sebagai saksi karena berstatus pengurus,” ungkapnya.

Kata Kasipenkum, pemeriksaan berlangsung sekira 3-4 jam. Jaksa penyelidik masih mengajukan pertanyaan seputar penggunaan anggaran yang mereka lidik.

Anggota DPRD Manokwari Beri Bantahan Tidak Terlibat Dalam Anggaran Kongres Pemuda Katolik

“Keduanya kooperatif dengan memenuhi panggilan penyidik. Kedepan jika dibutuhkan pasti akan ada lagi pemeriksaan terhadap saksi lainnya,” terangnya.

Diketahui, Kejaksaan Tinggi Papua Barat melalui bidang Pidsus telah melaksanakan ekspos dengan BPK RI Perwakilan Papua Barat dan BPK RI dalam rangka permintaan perhitungan kerugian negara. Jika sudah mendapat hasil perhitungan kerugian negara, hal itu akan menjadi dasar untuk jaksa menyelidik melangkah ke tahap selanjutnya berupa penetapan tersangka dalam perkara ini.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Juniman Hutagaol mengaku banyak perkara yang mereka tangani tinggal menunggu perhitungan kerugian negara atau audit investigasi sebagai dasar untuk melangkah ke penetapan tersangka.

“Jika tanpa perhitungaan kerugian negara kita bisa tetapkan tersangka, maka banyak perkara kami yang sudah naik ke Pengadilan,” terangnya kala itu.

(DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here