Beranda Daerah Bawaslu Papua Barat Siap Akomodir Kaum Difabel Sebagai Pengawas Pemilu

Bawaslu Papua Barat Siap Akomodir Kaum Difabel Sebagai Pengawas Pemilu

9
0

Ringpapua.net — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat siap mengakomodir kaum difabel (penyandang disabilitas) sebagai pengawas Pemilihan Umum (Pemilu).

Koordinator Devisi Penyelesaian Sengketa pada Bawaslu Papua Barat, Agustinus Simson Naa, menyebut kaum difabel memiliki kesempatan yang sama baik sebagai calon dalam politik hingga penyelenggara pemilu.

“Di Pasal 5, UU Pemilu telah jelas menyebutkan bahwa mereka (kaum difabel) mempunyai hak yang sama. Bahkan mereka termuat dalam pasal paling depan di UU tersebut. Artinya, mereka sangat diperhatikan,” ujar Agustinus disela sela sosialisasi penguatan pemahaman pengawasan Pemilu bagi kaum difabel, disebuah hotel di Manokwari, Rabu (14/9).

Kata dia, pasca sosialisasi itu, Bawaslu akan melihat peluang pada pengawasan pemilu yang sesuai dengan mereka yang berkebutuhan khusus.

Agustinus Simson Naa, Devisi Penyelesaian Sengketa Pada Bawaslu Papua Barat.

“Artinya mereka bisa diakomodir dengan berbagai kriteria dan ada syarat yang menjadi acuan untuk mengakomodir mereka sebagai pengawas Pemilu,” ungkapnya.

Bawaslu kata dia, akan mengupayakan Pemilu serentak tahun 2024 bisa mengakomodir kaum difabel sebagai pengawas pemilu sesuai dengan kekurangan dan kelebihan penyandang yang tentu berbeda beda.

“Kita upayakan tahun ini menjawab Pasal 5 dalam UU Pemilu. Karena, setiap yang berkekurangan pasti ada kelebihan tertentu yang dimiliki,” tambahnya.

(DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here