Beranda Daerah Soal Penyesuaian Harga BBM, Aspepasi Ajak Pedagang Hindari Aksi Penolakan

Soal Penyesuaian Harga BBM, Aspepasi Ajak Pedagang Hindari Aksi Penolakan

26
0

Ringpapua.net — Asosiasi Pedagang Pasar Wosi (Aspepasi) Manokwari, mengajak seluruh pedagang untuk tidak terprovokasi dengan aksi penolakan atas penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak  (BBM) yang dilakukan oleh pemerintah.

Ketua Aspepasi Manokwari, Abdul Hakim Karim kepada wartawan menyebut, aksi penolakan hanya akan berdampak pada stabilitas ekonomi yang justru akan merugikan pedagang dan masyarakat umum lainnya.

“Penyesuaian atau pengurangan anggaran subsidi BBM oleh pemerintah itu dilakukan dengan berbagai kajian atau evaluasi yang tentu sudah memikirkan dampak yang akan terjadi dan solusi yang harus diambil,” ujarnya.

Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah bagaimana pemerintah bisa menjamin ketersediaan harga kebutuhan pokok agar aktifitas jual beli bisa tetap normal.

“Berikutnya soal keamanan. Karena keamanan ini sangat menentukan stabilitas ekonomi. Kami harap sebuah keamanan dan kenyamanan dalam berdagang di lingkungan pasar,” terangnya.

Soal kenaikan harga kebutuhan pokok oleh pedagang, kata Hakim naik turunya harga pasar adalah hukum ekonomi yang berlaku selama ini dan menjadi hal yang lumrah.

“Pedagang kan menyesuaiakan harga barang yang dibeli untuk dijual kembali. Yang terpenting itu stok barang selalu tersedia agar tidak terjadi kelangkaan yang dapat menimbulkan panik buying (membeli secara berlebihan),” tandasnya.

Pemerintah kemudian diminta untuk mensosialisasikan soal penyesuaian harga BBM baik kepada pedagang maupun masyarakat umum. Agar, masyarakat paham mengapa hal itu terjadi.

“Tidak semua pedagang dan masyarakat paham tentang mengapq penyesuaian ini dilakukan. Mereka juga butuh pehamanan soal ini,” tambahnya.

(DTM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here