Beranda Daerah Ingat Pria Ini ? Dulu Sopir Kabag Kepegawaian Manokwari, Sekarang Jabat Ass...

Ingat Pria Ini ? Dulu Sopir Kabag Kepegawaian Manokwari, Sekarang Jabat Ass Intel Kejati Pabar

578
0

Ringpapua.net –Pria dengan bibir memerah karena hobi mengunyang pinang sirih kapur ini nampak tak asing di Manokwari. Erwin Priyadi Hamonangan Saragih, SH MH yang disapa Erwin, kini menduduki jabatan penting di Kejaksaan Tinggi Papua Barat.

Siapa sangka, pria kelahiran Manokwari 27 Maret 1977 ini pernah menjadi seorang sopir di Bagian Kepegawaian Kabupaten Manokwari yang kala itu kepala bagiannya dijabat oleh Nathaniel Mandacan yang kini sebagai Sekda Provinsi Papua Barat.

“Siapapun tak bisa mengerti jalan hidup ini. Saya pun tak percaya dari yang dahulunya sopir, bahkan bisa dibilang kacung ( pesuruh) kini bisa mendapat jabatan seperti ini,” terang Pria tamatan Sekolah Dasar (SD) Negeri Sanggeng itu.

Erwin mengisahkan, awal pendidikannya setelah lulus SD pada tahun 1990, dia lalu menjadi siswa SMP 2 Manokwari dan lulus pada 1993. Kemudian bersekolah di SMA 1 Manokwari dan dinyatakan lulus dengan masa belajar tiga tahun pada 1996.

“Saat itu banyak teman teman dari kalangan orang berada yang berkuliah di pulau Jawa, tapi saya tetap melanjutkan pendidikan di Manokwari,” terangnya.

Usai lulus SMA, Erwin melamar pekerjaan dan menjadi seorang sopir di Kantor Kepegawaian Daerah Kabupaten Manokwari. Dia yang saat ini dilayani kalau bepergian sebagai pejabat, tahu betul bagaimana menjadi seorang supir yang harus siap melayani.

Meski begitu, dia tekun terhadap pekerjaan itu. Padahal saat itu, dia harus ekstra tenaga karena sepulang kerja dia lanjutkan dengan berkuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Manokwari.

“Gaji saya waktu itu hanya 150 ribu setiap bulan. Sore sepulang kerja harus lanjut kuliah. Lelah waktu itu tidak terasa karena dibenak ini hanya masa depan yang saya fikirkan,” ungkapnya.

Bekerja sambil kuliah akhirnya bisa dia lalui. Tahun 2001, Erwin dinyatakan lulus sebagai Sarjana Hukum lalu mendaftar di Korps Adhyaksa. Penerimaan secara terpusat di Jayapura kala itu dia bersama 11 orang temannya dinyatakan lulus, dan dia dinyatakan rengking pertama di angkatannya.

Setelah diterima lulus sebagai PNS di Kejaksaan, dia lalu melanjutkan studi S2 di Unhas Makasar dan dinyatakan lulus pada 2008. Tak sampai disitu,
mantan Kajari Biak Numfor dan Kajari Sorong itu saat ini tengah fokus menyelesaikan program doktor Ilmu Hukum di Universitas tersebut.

Dia tak menampik, kala duduk di kursi jabatan Assisten Intelejen Kejati Papua Barat sepekan lebih ini, dia kerap memandang ke arah depan ruangannya dimana gedung itu dulunya adalah kantor Bagian Kepegawaian tempat dimana dia bekerja sebagai sopir saat itu.

Dalam Karirnya di korps Adhyaksa, Erwin tak menyangka bisa berada pada posisi saat ini. Awal karirnya dia dulu sebagai kepala Sub Seksi Penyidikan Pidsus Kejaksaan Negeri Manokwari pada 2006.

Lalu, 2009, dia dipromosi jabatan baru sebagai Kasi Intel Kejaksaan Negeri Manokwari. Sempat meninggalkan Manokwari, dia lalu kembali ke Kejaksaan Negeri Manokwari dengan jabatan baru sebagai Kasi Pidsus pada 2016. Tak lama pada jabatan itu, di 2017 dia dilantik sebagai koordinator pada Kejaksaan Tinggi Papua di Jayapura.

Setahun kemudian tepat 2018, dia diberi amanat menjadi Plt. (Pelaksana Tugas) Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni yang saat ini dinyatakan sebagai Kejaksaan baru.

Jabatan Definitifnya sebagai Kajari, baru dia dapat pada 2020 sebagai Kajari Biak Numfor, lalu Kajari Sorong pada 2021 dan saat ini dipromosi sebagai Asisten Intelejen Kejaksaan Tinggi Papua Barat usai dilantik pada 23 Agustus 2022.

Ayah dari empat putra dan dua putri ini mengaku selalu mensyukuri setiap jabatan yang dipercayakan korps Adhyaksa kepada dirinya.

“Jabatan itu bagi saya adalah tanggungjawab dan kehormatan pribadi serta institusi yang harus diemban dengan sungguh sungguh. Karena ketika kita kerja baik, yakin dan percayalah tuhan akan terus memberi jalan lurus tanpa hambatan,” tandasnya.

Penulis : Hendrik Akbar

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here