Beranda Daerah SW Jadi Tersangka Korupsi PLTD Raja Ampat, Kajati PB : Akan Ada...

SW Jadi Tersangka Korupsi PLTD Raja Ampat, Kajati PB : Akan Ada Upaya Hukum Lanjutan

127
0

Ringpapua.net — Politisi di Raja Ampat berinisial SW sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Sorong. Penetapan SW itu terkait dugaan Korupsi Perluasan jaringan listrik di Dinas Dinas Pertambangan Raja Ampat yang sebelumnya menyeret beberapa nama lainnya.

Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Juniman Hutagaol SH.,MH, menyebut, SW merupakan bagian dari penanganan perkara sebelumnya yang telah menyeret BS dan eks kadis pertambangan dalam perkara itu.

“Penanganan ini masih bagian dari penanganan sebelumnya. Makanya berdasarkan putusan pengadilan, kita ambil kesimpulan untuk menindaklanjuti perkara itu dengan menetapkan SW sebagai tersangka,” ungkapnya dalam press conferance, Kamis (22/9).

Penetapan tersangka dan penyelidikan lanjutan terhadap perkata itu kata Kajati, menjadi kewenangan Kejaksaan Negeri Sorong.

“Tentu akan ditindak lanjuti dengan pemeriksaan pemeriksaan terhadap SW maupun upaya hukum lain jika diperlukan,” terangnya.

SW kata Kajati dibebankan untuk membayar uang pengganti dalam kasus itu. Sebab, Hakim dalam putusan terhadap terdakwa BS, hanya mengabulkan tuntutan penjara dan tidak mengabulkan tuntutan uang pengganti.

“Dalam putusannya, hakim menilai BS tidak menikmati uang tersebut, tapi dinikmati oleh orang lain,” terangnya.

Diketahui, surat perintah penyidikan terhadap dugaan korupsi perluasan jaringan tegangan rendah dan menengah pada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Raja Ampat tahun 2010 senilai 1.3 miliar terhadap tersangka SW diterbitkan pada tanggal 16 Agustus 2022.

Kejaksaan Negeri Sorong juga telah mengirim SPDP kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pertanggal 16 Agustus 2022 dengan nomor surat : B-2592/R.2.11/FD.1/08/2022 perihal pemberitahuan penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi.

(DTM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here